RSS Feed

Beasiswa MEXT 2013 untuk S1, D3, D2.

Posted on
Batas waktu: 14 Juni 2013
Syarat:
 kelas 3 SMA atau alumni SMA dengan umur maksimal 25 tahun pada saat keberangkatan di satu tahun berikutnya.
Awards: 
Bebas Biaya ujian masuk, biaya kuliah & uang pendaftaran. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang. Tunjangan ¥117.000/Bulan (Untuk tahun 2014 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan). Tanpa ikatan dinas.

 

 

DESKRIPSI

Pada saat ini sekitar 2200 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun.
Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan, Makassar, dan Denpasar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Pendaftaran untuk keberangkatan tahun 2014 telah dibuka pada 1 Mei 2013 dan akan ditutup pada tanggal 14 Juni 2013.

Program ini ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2014 (April 2014).
Pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program dari S-1, D-3, atau D-2.

PROGRAM

1. Undergraduate (S-1)
Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun).
Syarat : lulusan SLTA; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,4; lahir antara 2 April 1992 dan 1 April 1997. Bagi pelamar S-1 IPS, bisa mendaftar dengan JLPT level N3 atau lebih. Pelamar SLTA jurusan IPS tidak bisa mendaftar IPA.
Materi ujian tertulis:
IPS : Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Jepang (bagi pendaftar dengan JLPT)
IPA-a : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Fisika
IPA-b,c : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi
Pilihan jurusan:
IPS : Laws, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, Economics, Business Administration, and others.
IPA-a : Science (Mathematics, Physics, Chemistry); Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering); Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture); Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering); Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering); and other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology)
IPA-b : Agricultural Studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries); Hygienic Studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing); Science (Biology)
IPA-c : Medicine; Dentistry
2. College of Technology (D-3)
Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. College of Technology memiliki program 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SLTP. Siswa penerima Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SLTA) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).
Syarat : lulusan SLTA Jurusan IPA; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1992 dan tgl. 1 April 1997
Materi ujian tertulis:
Matematika dan Kimia/Fisika (tergantung kategori jurusan seperti tertulis di bawah)
Pilihan jurusan:
Kimia : Jurusan yang terkait pada bidang kimia seperti “Materials Engineering” dll.
Fisika : Jurusan lain seperti “Mechanical Engineering”, “Electrical and Electronic Engineering”, “Information, Communication, and Network Engineering”, “Architecture and Civil Engineering”, Maritime Engineering” dll.
3. Specialized Training College (D-2)
Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan praktis kejuruan.
Syarat : lulusan SLTA; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1992 dan tgl. 1 April 1997. Bagi pelamar D-2 IPS, bisa mendaftar dengan JLPT level N4 atau lebih.
Materi ujian tertulis:
Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Jepang (bagi pendaftar dengan JLPT)
Pilihan jurusan:
IPA : Civil Engineering and Architecture; Electrical and Electronic Engineering; Wireless Communication; Computer; Information Processing.
IPS : Nourishment; Cooking; Nursery Teacher Training; Nursing Welfare; Social Welfare; Management; Travel; Bussiness; Harmony Dressmaking; Music; Art; Design; Photograph; dll
Catatan :
1. Bagi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misalnya dengan standard IB), nilai akan disetarakan sesuai di atas.
2. Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.
3. Lulusan dari S-1 bisa meneruskan ke S-2, dan lulusan D-3 dan D-2 bisa meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ketiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa, tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa tentunya harus mengikuti ujian masuk dan masa perpanjangan beasiswa maksimal 2 tahun.

FASILITAS

  1. Bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah dan uang pendaftaran
  2. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang
  3. Tunjangan ¥117.000/bulan (Besar tunjangan tahun 2013. Untuk tahun 2014 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
  4. Tanpa ikatan dinas

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Masa pendaftaran: Pendaftaran Tahap 1 mulai tanggal 1 Mei s/d 24 Mei 2013 untuk lulusan 2012 dan Sebelumnya, dan Pendaftaran Tahap 2 mulai 27 Mei s/d 14 Juni 2013 untuk lulusan 2013. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan boleh mendaftar.
  2. Pelamar melakukan registrasi di http://www.beasiswamext.or.id.
    Setiap pelamar hanya boleh mendaftar 1 program saja.
  3. Pelamar mencetak [Data Pendaftar] yang dikirimkan ke email pelamar, ditempelkan foto, dan dikirimkan beserta fotokopi nilai Ujian Nasional yang dilegalisir (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kemdiknas belum keluar) dan fotokopi sertifikat kemampuan bahasa Jepang (untuk pendaftar dengan JLPT), ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Dokumen bisa diantar langsung atau dikirimkan via pos ke :
    Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
    Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350
    (Cantumkan nomor registrasi pada Kanan Amplop dan dokumen pelengkap)
  4. Dokumen harus sudah tiba maksimal tanggal 24 Mei 2013 untuk tahap 1 dan 14 Juni 2013 untuk tahap 2.
  5. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap akan kami proses. Dokumen yang dikirimkan tidak akan dikembalikan.

PROSEDUR SELEKSI

  1. Pengumuman seleksi dokumen akan ditampilkan di website kedutaan Jepang tanggal 1 Juli 2013.
    Bagi yang lolos seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis (8 / 9 Juli 2013).
    Tidak semua pelamar akan dipanggil ujian tertulis.
  2. Mereka yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta (dalam bahasa Indonesia) bulan Agustus. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
  3. Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Penetapan penerima beasiswa ditentukan pada bulan Januari 2014. Bagi peserta yang lolos, akan berangkat ke Jepang pada awal april 2014.

Klik disini untuk contoh soal-soal ujian tahun sebelumnya.
Klik disini untuk registrasi.
Klik disini untuk website penyelenggara.

About these ads

About guadalajuara

kami memberikan informasi dan mentoring tentang LBH Lomba beasiswa hibah baik dari dalam maupun luar negeri.

81 responses »

  1. Ahmad Baehaqi

    kalou lulusan SMK boleh ikutan beasiswa ini gak?

    Reply
  2. xuma 2 t aja yv d kirim??
    dta plamar dan nilai un??

    Reply
    • yup, cuma itu. nih ::>> .”Pelamar mencetak [Data Pendaftar] yang dikirimkan ke email pelamar, ditempelkan foto, dan dikirimkan beserta fotokopi nilai Ujian Nasional yang dilegalisir (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kemdiknas belum keluar) dan fotokopi sertifikat kemampuan bahasa Jepang (untuk pendaftar dengan JLPT), ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Dokumen bisa diantar langsung atau dikirimkan via pos ke :”

      Reply
  3. Destini Jorinta Putri

    kak, websitenya lagi ga bisa dibuka yang buat registrasi online ?

    Reply
  4. Aku barusan buka data pendaftar yg dikirimkan panitia melalui email, apa memang buat nilai UN komanya ga masuk kak? Sebagai contoh, nilai pelajaran A 8.75 tp di data cuma tertulis 8. Makasih infonya :)

    Reply
    • hmmm….. dapet kiriman dari panitia ya?
      asalkan dah masuk…. ga perlu khawatirin komanya deh. siapin ujiannya aja :D

      itu, bisa jadi…. asalkan nilai kamu diatas persyaratan (misal syaratnya 8) , maka kamu dianggap “sama” dengan peserta lain pada tahap ini. sekalipun nilai mu 9 ataupun 10, pokoknya kamu “lolos persyaratan” pada tahap pertama ini, begitu juga dengan peserta lain yg nilainya pas pas an (misal 8,1).
      ::::>>>> “cutting point” ::>> 8.

      gimana kalo pendaftar yang nilainya diatas 8 jumlahnya buanyak? misal 1000 orang.
      maka panitia memilih dengan kuota.
      seingat mimin, kuota seleksi pertama beasiswa monbusho tu…. kalo ga 100, 200. aduh maaf mimin lupa.
      seleksinya (biasanya) di PSJ UI

      Reply
    • email panitianya apa?

      Reply
  5. やっぱり! situs pendaftarannya sudah bisa di akses lagi. silakaan segera daftar :D

    Reply
  6. bellamadiana

    Harus ada fotokopi sertifikat kemampuan bahasa Jepang ya?

    Reply
    • hmmm. setahu mimin sih nggak perlu. (mungkin itu peraturan baru apa yak…)
      hm saran mimin, karena waktu nya juga sudah mepet, kirim aja aplikasi dengan atau tanpa JLPT.
      tetep majuh terus sajah kakakkkk!

      Reply
  7. Website ny gk bisa di akses lgi.. :(

    Reply
    • ayoo semua nelpon kedubes biar mereka tahu webnya matii :D

      Reply
      • :D
        kalau nilau 8,00 atau 8,40 itu nilai UN ny murni atau rata2 stelah d tambah nilai akhir sekolah?

      • itu bisa dijawab pada dokumen yang harus dkirim kak. di situ tertulis: “Pelamar mencetak [Data Pendaftar] yang dikirimkan ke email pelamar, ditempelkan foto, dan dikirimkan beserta fotokopi nilai Ujian Nasional yang dilegalisir (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kemdiknas belum keluar) ”

        jadi nilai 8 itu adalah yang tertera pada FOTOKOPI NILAI UJIAN NASIONAL YANG DILEGALISIR.

  8. AmandaRusdiarto

    webnya buat registrasi mati lagi ya min?

    Reply
  9. ka aku baru liat nih pengumumannya terus mau daftar tapi kok gabisa dibuka ya webnya? :(

    Reply
  10. kang kalo yg d-2 kan ad pilihan DLLnya,nah kalo kita misalkan milihnya ekonomi sama sejarah d-2 itu ada kan ya?
    mohon infonya ya,soalnya saya udah susah2 ngejawab quetsion pake bhs inggris,masa dirubah lagi

    Reply
    • kayaknya kalo pertanyaan teknis gini yang bisa jawab panitia. admin tidak berwenang.
      tapi saran admin, isilah semua isian pendaftaran dengan sesempurna mungkin. :D semangatt ganbatte!!

      Reply
  11. Min aku mau dftar untuk tahap kedua, tp webnya kok ga bs dibuka yaaa :(

    Reply
  12. kang kenapa pelamar d-2 ips mesti daftar jlpt?,itu dilakukan sesudah dinyatakan lulus kan

    Reply
  13. meinwonderland

    min, aku bingung nih ngisi nilainya gimana. contoh nih, nilai aku kan 8,25 nah pada kota pertama apa yg diisi dan kota kedua apa? mksih min

    Reply
  14. kak, punyaku nilai UN nya kosong , abisan pas registrasi ga ada kolom/perintah buat ngisi nilai UN,
    Gimana ini?
    apa dilanjut aja, kan ada fotokopi nilai Un nya?? T.T

    Reply
  15. meinwonderland

    o iya min, yg diinput itu nilai UN apa nilai UN yang udah ditambah UAS?

    Reply
  16. website beasiswamext nya gak bisa dibuka :|

    Reply
  17. Min misal kita lulus snmptn nih, terus juga berniat ikut beasiswa ini, masih bisa kn kak?

    Reply
  18. Eric Setyaji

    koq tak bsa terhubung ama website nya! gmana cara registrasinya kalo bgini trus? apa tak adakah website alternatifnya? info cepat ntar keburu deadline

    Reply
  19. Eric Setyaji

    kalo nilai nya pake nilai raport dulu gmana? coz, ijazah blum keluar.

    Reply
  20. mas
    saya bingung mu milih jurusan
    soalnya saya lulusan SMK
    yang ada di pilihan cuma IPA IPS BAHASA dan OTHER
    saya harus pilih yang mana
    dan bagaimana dengan pengisian nilai UN nya
    thx a lot

    Reply
  21. Yg S1 UNnya harus 8.4 ya minimalnya ?

    Reply
  22. beasiswa ini buka tiap tahunnya ya min????

    Reply
  23. brp sih kuota utk diterima D3 kimia?

    Reply
  24. Min, kalau dari luar jakarta sebaiknya ambil rute mana kalau mau ke UI?

    Reply
  25. XD aku baca semua komen2nyah~ salut buat mimin yang sabar luar biasa njawab pertanyaannyah~ *plokplok*
    Tapi min, aku mau tanya juga -..- sebenernyah kemaren barusan ikut ujian tulis, dan saya bingung itu ntar penilaian tesnya pake sistem salah (-1) benar (4) ga sih? *somehow saia aga kawatir
    Makasih min~

    Reply
    • waduuuh kurang tahu yah. kayaknya beda bobot soal aja deh. masing2 nilai bobot nilainya beda beda. seingat mimin yang paling akhir pualing susyeh >,< . dan ga ada nilai pengurangan.
      tapi ini cuma kira2mimin sih yach. :D

      Reply
  26. Min, kalo milih IPA harus pake JLPT juga ga?
    Trims :D

    Reply
  27. salam kenal ilham , saya sekarang sedang menjalani proses belajar bahasa jepang di jepang, sya ingin mendaftar, apakah saya bisa mendaftar secara langsung di jepang? berhubugan saya berada di jepang, bagaimana prosedur pendaftaranya, mohon bantuanya,,

    Reply
    • hmm, kalo di jepang sepertinya ga bisa kak.
      karena tes nya kan di selenggarakan di jakarta

      kalo di jepang, bukannya justru lebih banyak peluang dapet beasiswa yah.
      (meski besarnya beasiswa kebanyakan lebih sedikit)
      apalagi bisa bahasa jepang , dah pera pera. pastinya banyak kesempatan yang bisa di dapat disana. :D tambah arubaito. cukup deh biaya hidup. :D

      Reply
  28. salam kenal ilham , saya sekarang sedang menjalani proses belajar bahasa jepang di jepang, sya ingin mendaftar, apakah aya bisa mendaftar secara langsung di jepang? berhubugan saya berada di jepang, bagaimana prosedur pendaftaranya, mohon bantuanya,,apakah peluang untuk di terima besar jika ssaya memiliki nihon go noryouku shiken N2 ( JLPT)

    Reply
  29. hadeehh berarti yg kelahiran tahun 1988 udah gak bisa …(berduka mode on)

    Reply
  30. hallo.
    aku udh terdaftar jdi mahasiswa disalah satu universitas swasta di indonesia, kalo mau ikut program beasiswa bisa kan? itu bakal lanjut atau mengulang dri semester awal?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 306 other followers

%d bloggers like this: